HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.81.84.211
Pengunjung : 248.435






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI             |             PROFICIAT KPD CLARISSA FELICIA (KELAS XII MIPA4 SMA STELLA DUCE I,YK) YG MERAIH JUARA II OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL DI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK VOCAL GROUP : SMP TARAKANITA 4 (JUARA I), SMP TARAKANITA 3 (JUARA II), SMP TARAKANITA 5 (JUARA III) DALAM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA             |             PROFICIAT UTK NIKITA DEVY HARYONO (SMA STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 DLM LAWATAN SEJARAH TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK HOO VALENCIA ANGELIQUE YG MEMPERKUAT TIM BASKET INDONESIA DAN MERAIH JUARA 2 DLM ASEAN SCHOOL GAMES DI THAILAND             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASI SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI 2016             |             SEKOLAH - SEKOLAH TARAKANITA JAKARTA, TANAM POHON DI ECOPARK LIPI CIBINONG, SABTU 23 APRIL 2016             |             SELAMAT UNTUK KANDIDA RANI NYARIBUNYI DAN GABRIELLA ROSA THEOFANI, PERAIH BEASISWA STUDI 1 TAHUN DI HARIMA HIGH SCHOOL, JEPANG             |             PRILLY CECILIA HUTAURUK (SMA STELLA DUCE 1) AKAN MENGIKUTI LOMBA PIDATO BAHASA JEPANG TINGKAT NASIONAL, 13/02/16 PK.09.30-13.00 DI AUDITORIUM RRI JAKARTA

Berita Kegiatan :



Learning Forum Experiential Learning dalam Pembelajaran

Selasa; 30 August 2016 [Agatha Gorenti Kismiyati, SMP TARAKANITA CITRA RAYA] - Berita Umum

Salah satu standar pendidikan Tarakanita adalah Standar Experiential Learning. Untuk lebih memahami dan lebih bisa menerapkan di dalam setiap pembelajaran, maka SMP Tarakanita Citra Raya mengadakan kegiatan learning forum Experiential learning (12/8). Pembiacara untuk learning forum kali ini adalah Ibu Resa Kristina dan Ibu Katarina Daryati. Sebagai pengantar Ibu Daryati mengingatkan para peserta (guru SMP Tarakanita Citra Raya) tentang pengertian experiential learning. Experiential learning adalah suatu model proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya secara langsung. Dalam hal ini memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk memutuskan pengalaman apa yang menjadi fokus mereka, keteranpilan-keterampilan apa yang ingin mereka kembangkan, dan bagaimana cara mereka membuat konsep dari pengalaman yang mereka alami tersebut.

Lebih lanjut, Ibu Dar menjelaskan mengenai tujuan penerapan experiential learning. Tujuannya adalah peningkatan semangat dan gairah pendidik dan peserta didik di mana belajar akan lebih baik ketika terlibat langsung dalam pengalaman belajar, membantu terciptanya suasana pembelajar yang kondusif, memunculkan kegembiraan dalam proses belajar, mendorong dan mengembangkan proses berpikir kreatif, dan memunculkan kesadaran akan kebutuhan untuk berbuah dan memperkuat kesadaran diri pendidik dan peserta didik.

Pada intinya model pembelajaran experiential learning merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan proses belajar yang lebih bermakna, di mana peserta didik mengalami apa yang mereka pelajari. Melalui model ini peserta didik tidak hanya belajar tentang konsep materi belaka, hal ini dikarenakan peserta didik dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran untuk dijadikan sebagai suatu pengalaman. Hasil dari proses pembelajaran experiential learning tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, juga tidak seperti teori behavior yang menghilangkan peran pengalaman subjektif dalam proses belajar. Pengetahuan yang tercipta dari model ini merupakan perbaduan antara memahami dan mentransformasi pengalaman.

Pada kesempatan learning forum ini, ada beberapa guru yang membagikan pengalaman selama mengajar. Mereka sebagian besar merasa ragu apakah selama para guru di kelas sudah bisa menerapkan experiential learning atau belum. Mereka men-sharing-kan pengalaman pada saat mengajar di kelas. Peserta yang lain memberi tanggapan. Dari beberapa pengalaman para pendidik tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar yang selama ini mereka alami sudah menggunakan model experiential learning, namun masih ada yang perlu diperhatikan pada bagian refleksi yang kadang tidak sempat tersentuh. Dari pengalama-pengalaman dan penyegaran dalam learning forum ini, diharapkan para guru semakin memahami dan benar-benar bisa menerapkan experiential learning dengan penuh kesadaran. (AGK)






Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Jawab Pertanyaan berikut 16 - 52 :



Berita Lainnya :