HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 174.129.74.186
Pengunjung : 78.295






Newsflash :
SD TARAKANITA SOLO BARU MEWAKILI PROPINSI JAWA TENGAH MENGIKUTI PENILAIAN SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL, KAMIS 18/6/14.             |             GABRIELLE MINTARJA, SMP TARAKANITA MAGELANG, LOMBA BULUTANGKIS TINGKAT NASIONAL, JAKARTA 17/6/14.             |             ALEXANDER DEWANTA CHANDRA YOGATAMA (SMP STELLA DUCE 2) LOMBA CIPTA LAGU DAN YOHANES LEO SANDIWAN (SMA STELLA DUCE 3) LOMBA POSTER FLS2N JUNI 2014.             |             DIOLA NATANIA BHINNELIKA DARI SMP TARAKANITA CITRA RAYA JADI DUTA SANITASI WAKILI PROV. BANTEN DALAM JAMBORE NASIONAL, JAKARTA 15-22/6/2014             |             VOCAL GROUP SMP SINT. CAROLUS & ELISABETH SEMBIRING SMA SINT. CAROLUS WAKILI PROVINSI BENGKULU DALAM FLS2N, SEMARANG 3-7/6/2014             |             ELYSABETH SEMBIRING DARI SMA ST. CAROLUS BENGKULU BERHASIL CAPAI FLS2N SOLO VOKAL TINGKAT NASIONAL, JUNI 2014 DI SEMARANG.             |             KEVIN ARYA LIEM DARI SD TARAKANITA MAGELANG RAIH PERINGKAT III IPA & BILLY PERINGKAT HARAPAN III MATEMATIKA PADA KOMPAS STUDENT COMPETITION 2014 DI SEMARANG             |             PROFICIAT & SELAMAT PESTA 177 TAHUN KONGREGASI SUSTER-SUSTER CB & 62 TAHUN YAYASAN TARAKANITA, 29/4/14.             |             PENGURUS OSIS DAN EKSTRAKURIKULER SMA/K TARAKANITA JAKARTA DAN TANGERANG MENGIKUTI LDK DI CANOSSA 23-25/4/14             |             300 PERWAKILAN SEKOLAH TARAKANITA JAKARTA MELAKUKAN PENANAMAN POHON DI BANTARAN CILIWUNG-CONDET 22/4/14.

SEJARAH SMP TARAKANITA CITRA RAYA

Keberadaan SMP Tarakanita Citra Raya yang sekarang dengan gedung megah ini bukan tanpa melalui proses. Pertama kali sekolah ini berdiri tidak serta merta mempunyai gedung  melainkan melalui proses yang panjang yang dilewati. Perjalanan ini tentu saja tidak selalu mulus dan rata. Banyak kerikil-kerikil dan kelok-kelok yang menuju ke kondisi sekolah yang seperti sekarang ini.

Pada mulanya sekolah ini berdiri atas permintaan dari pengembang perumahan Citra Raya. Waktu itu, sekitar tahun 1998. Citra Raya masih berupa perumahan yang sangat sepi. Bahkan orang tidak akan mengira kalau perumahan ini akan berkembang dengan pesat. Pertama kali SMP Tarakanita didirikan mengambil lokasi di sebuah ruko (rumah toko) yang tidak begitu besar. Tahun  pelajaran pertama, jumlah peserta didiknya hanya 21 anak dengan diampu oleh 4 orang guru dan 1 tenaga TU. Ruko disulap menjadi ruang kelas. Ruangan begitu panas dan pengap. Proses KBM di ruko yang sangat tidak nyaman ini berlangsung selama 4 bulan. 

Pada bulan kelima sekolah pindah ke ruko yang lebih besar, yaitu di Blok L, Boulevard, Citra Raya. Tahun  kedua,  sekolah sudah mulai kelihatan geliat perkembangannya. Jumlah peserta didik secara keseluruhan menjadi 86. Jumlah peserta didik pun dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan sehingga jumlah pararel terus meningkat pula.

Pada tahun 2002 sebagian dari ruko yang dipakai untuk ruang kelas terbakar. Kejadian ini membuat kegiatan belajar mengajar terganggu.  Setelah kejadian kebakaran tersebut, KBM pindah ke ruko yang lain yang selama ini dipakai untuk KBM SD. Ini berlangsung selama beberapa minggu. Bersamaan dengan itu pula sebetulnya yayasan sudah membangun gedung sekolah untuk SD Tarakanita Citra Raya. Kebetulan pembangunan gedung sekolah tersebut sudah sampai pada proses finishing. Maka begitu  pengerjaannya selesai meskipun belum sempurna, KBM SMP Tarakanita Citra Raya pindah ke gedung SD Tarakanita Citra Raya. Ini terjadi pada bulan Januari 2002.

Di gedung baru ini, KBM berjalan lebih kondusif meskipun menumpang di  gedung  SD Tarakanita Citra Raya. Meskipun satu gedung dipergunakan untuk dua jenjang yaitu SD dan SMP,  hal ini tidak menyurutkan animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah Tarakanita Citra Raya. Jumlah peserta didik dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Melihat perkembangan sekolah yang terus melaju, maka pihak yayasan berencana untuk membangun gedung sekolah untuk SMP Tarakanita Citra Raya. Ternyata rencana tersebut dapat terealisasi.

Di sebelah kiri gedung TK Tarakanita Citra Raya yang sudah berdiri setelah gedung SD Tarakanita Citra Raya, mulai dibangunlah gedung SMP Tarakanita Citra Raya. Semua warga sekolah menyambut dengan gembira pembangunan gedung SMP ini. Apalagi jika dilihat dari maketnya, banyak fasilitas yang nantinya akan dipenuhi yang dapat menunjang kelancaran KBM.

Pada bulan Januari 2008, dengan ceremonial sederhana, seluruh warga SMP Taraknita Citra Raya pindah ke gedung baru yang sudah berdiri megah. Gedung baru SMP Tarakanita Citra Raya kelihatan megah. Cat berwarna dominan biru menambah kekokohan gedung ini. Fasilitas yang ada di SMP Tarakanita Citra Raya pun semakin lengkap. Ruang administrasi, ruang kelas, ruang multimedia, ruang perpustakaan, ruang aula, ruang laboratorium IPA, ruang laboratorium komputer, dan ruang laboratorium bahasa ada di gedung ini.

Warga SMP Tarakanita merasa bangga dan senang memiliki gedung yang representatif seperti ini. Tinggal bagaimana nantinya memanfaatkan segala fasilitas untuk menunjang pekembangan sekolah. Para pendidik SMP Tarakanita Citra Raya siap melayani peserta didik dengan baik sehingga arahannya bisa menghantarkan mereka menuju ke masa depan yang cemerlang.

Selama 14 tahun SMP Tarakanita Citra Raya melayani peserta didik, sekolah ini dipimpin oleh beberapa kepala sekolah. Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMP Tarakanita Citra Raya antara lain:
1.    Drs. Abadi Wasisto Yuwono:  periode 1998 2002
2.    Suster Tarcisia C.B. : periode 2002-2005
3.    Dra. Anastasia Titin Marlina: periode 2005 2010
4.    Yohanes Berchman Wardjono, S. Pd. : periode 2010 sekarang

Dengan kepiawaian para pemimpin ini serta didukung oleh para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki pendidikan yang memadai serta berdedikasi tinggi, SMP Tarakanita dapat berkembang seperti sekarang ini.  Tahun pertama berdiri hanya satu kelas. Sekarang menjadi 9 kelas. Hal ini sungguh merupakan suatu prestasi yang membanggakan. Animo masyarakat terhadap sekolah ini juga semakin meningkat. Para pendidik mendampingi peserta didik dengan sungguh-sungguh. Pendampingan terhadap peserta didik pun secara efektif dilakukan. Hal ini dengan tujuan agar peserta didik tidak hanya bisa mengembangkan kecerdasan intelektual saja namun juga nilai-nilai hidup juga dikembangkan sehingga nantinya peserta didik bisa menjadi manusia yang berkepribadian utuh.